Rabu, 29 Agustus 2012

Domain Name System (DNS)

Sekarang Ane membahas arti dari DNS . Apa itu DNS ? Perlu kita ketahui DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS. Jadi ketika anda mengetikkan nama domain suatu situs di browser anda lalu menekan enter, browser anda akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser anda (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address, kalau ketemu maka anda akan dibawa ke lokasi server tempat halaman situs tersebut berada. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain 

-Root-Level Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain 

-Top Level Domain adalah .Com .Net .Org dan lain sebagainya. Istilah lain yang perlu diketahui tentang Top Level Domain yaitu Country Code Top Level Domain (ccTLD) yaitu Top Level Domain yang menunjukkan domain dari negara tersebut seperti .de .uk .tw dan lain sebagainya.

-Secondary Level Domain adalah domain yang berada dibawah Top Level Domain. Jika contoh Top Level Domain adalah .com maka contoh Secondary Level Domain adalah .co.uk .com.gr .org.uk dan lain sebagainya. Jadi Secondary Level Domain adalah domain yang memiliki dua tingkatan domain keatas . Semoga bermanfaat ya kawan :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sebelumnya buat teman teman yang sudah menyempatkan diri untuk berkomentar,karena dengan berkomentar saya tau kendala dan kekurangan blog saya ini.berkomentarlah yang sopan . Terima kasih atas kerjasamanya :)